Berita

Teluk Wondama, 'Surga Terapung' di Sebelah Raja Ampat

Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara baru yang akan dibangun di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, dinilai akan mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah tersebut, kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan Provinsi Papua Barat Abdullatief Suaeri di Wasior.

"Pembangunan bandara baru di Wondama untuk mendukung program pariwisata nasional yaitu Kawasan Strategis Pariwisata (KSP) di Papua Barat. Ada Raja Ampat, Kaimana, Wondama dan Pegaf (Kabupaten Pegunungan Arfak)," ujarnya seperti yang dikutip dari Antara pada Rabu (4/3). Suaeri mengatakan yakin pembangunan bandara baru akan membuat sektor pariwisata tumbuh pesat lantaran akses transportasi dari dan menuju Wondama semakin lancar. Para wisatawan akan datang sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Transportasi bisa mempercepat daerah itu terbuka. Kita tidak bisa begini terus (tertinggal). Wondama harus bangkit. Sebentar ini turis banyak datang kalau KSP jalan. Kalau turis itu masuk kita harus dapat apa dari itu. Raja Ampat sudah merasakan itu," lanjutnya. Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Wondama menargetkan groundbreaking atau peletakan batu pertama bisa dilakukan pada 2021. Ada banyak tulisan yang mengisahkan keindahan Teluk Wondama yang disebut tak kalah ciamik dibandingkan Raja Ampat. Hanya saja fasilitas dan layanan wisata di sini belum dikelola secara maksimal.

Teluk Wondama masuk dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Dikutip dari situs Pemkab Teluk Wondama, ada beragam wisata yang bisa dinikmati turis di kawasannya, mulai dari wisata bahari sampai wisata sejarah. Bagi yang ingin snorkeling atau diving bisa menuju Pulau Rumberpon, Pulau Nusrowi, Pulau Mioswar, Pulau Roon, Pulau Yoop, dan Perairan Windesi. Pulau Rumberpon dan Pulau Nusrowi juga bisa menjadi destinasi pengamatan burung, rusa, ikan hias, sampai terumbu karang. Pulau Rumberpon yang berpasir putih sering disebut masyarakat lokal sebagai 'surga yang terapung' saking indahnya.